Dewan Penasihat AMAYI

Dr. David Frawley D. Litt., Padma Bhushan

Pakar Internasional tentang Ayurveda, Yoga, dan Astrologi Veda

 

Dr. David Frawley (Pandit Vamadeva Shastri) D. Litt., Padma Bhushan adalah seorang Guru dalam tradisi Veda (Pengetahuan Peradaban Sunda Sindhu Saraswati). Terlahir di Amerika Serikat, beliau tertarik dengan kebijaksanaan Peradaban Sunda Sindhu Saraswati sejak muda dan akhirnya memutuskan untuk mempelajarinya secara mendalam. Di India, Pandit Vamadeva diakui sebagai seorang Vedacharya (Guru dalam tradisi Veda) dengan bidang keahlian yang sangat luas antara lain Ayurveda, Yoga, Vedanta, Astrologi Veda, dan berbagai ajaran kuno yang bersumber dari Rigveda, kitab kebijaksanaan tertua dari Peradaban Sunda Sindhu Saraswati.

Penghargaan:

  • Padma Bhushan 2015, penghargaan tertinggi ketiga untuk sipil yang dianugerahkan oleh pemerintah India.
  • D. Litt (Doctor of Letters), gelar pendidikan tertinggi dalam bidang akademik Yoga dan Veda, dari SVYASA (Swami Vivekananda Yoga Anusandhana Samsthana), satu-satunya universitas Yoga yang diakui oleh Pemerintah India.
  • D. LITT. dari Ram Manohar Lohia Avadh University in Ayodhya, Uttar Pradesh yang diserahkan oleh Gubernur Uttar Pradesh.
  • National Eminence Award dari South Indian Education Society (SIES) sebagai “pakar internasional dalam bidang Ayurveda, Yoga, dan Astrologi Veda”

Pandit Vamadeva aktif mengajar, menulis, memberikan kuliah, mengadakan penelitian tentang Veda – pengetahuan dan kebijaksanaan Peradaban Sunda Sindhu Saraswati selama lebih dari 3 dekade. Beliau dianggap sebagai salah satu perintis yang memperkenalkan sistem Ayurveda ke dunia Barat, beserta juga Jyotisha (Astrologi Veda), pemahaman lebih dalam tentang Yoga dan Vedanta, serta intepretasi akan Veda – pengetahuan dan kebijaksanaan Peradaban Sunda Sindhu Saraswati.

 

Sri. N V Raghuram

Filsuf Yoga & Guru Spiritual

 

Sri. N V Raghuram adalah seorang filsuf yoga dan guru spiritual. Berawal dari dunia engineering (teknik), beliau beralih ke human engineering melalui yoga dan spiritualitas. Selama 35 tahun, Sri. NV Raghuram aktif berkeliling dunia untuk memberikan pelatihan dan menyebarkan pesan yoga dan menginspirasi ribuan orang untuk melakoni gaya hidup ala yoga.

Beliau terlibat dalam berbagai proyek penelitan yoga dengan berbagai institusi seperti Middleborough general hospital UK, Northern Colorado Allergy and Asthma Center, Fort Collins, Neurological Rehabilitation Center, Bad Griesbach, Jerman, dan MD Anderson Cancer. Hasil penelitian beliau telah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal medis internasional. Beliau juga berperan penting dalam memulai terapi yoga di rumah sakit di Italia, Turki, dan Cina.

Jabatan:

  • Chairman & Spiritual Founder dari Yoga Bharati
  • Guru Besar Filosofi Yoga di Swami Vivekananda Yoga Research Foundation (SVYASA), Bangalore India.
  • Anggota delegasi India dalam 3rd International Conference of Ministers and Senior Officials tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga yang diselenggarakan oleh UNESCO pada tahun 1999.

Dr. Art-ong Jumsai Na Ayudhya

Pakar Pendidikan Holistik & Ilmuwan dalam Proyek NASA

 

Dr. Art-ong Jumsai Na Ayudhya adalah seorang pendidik, ilmuwan, dan sosok yang sangat dihormati di Thailand. Beliau merupakan desainer untuk bagian dari sistem pendaratan Viking 1 dan Viking 2 (wahana pertama yang berhasil didaratkan di planet Mars). Setelah menyelesaikan pekerjaannya, Dr. Jumsai memilih pulang ke Thailand daripada tinggal di Amerika Serikat agar bisa mengabdikan hidupnya untuk pendidikan anak-anak dan generasi muda.

Jabatan:

  • Direktur dari Institute of Sathya Sai Education, Thailand
  • Chief Administrator dari Sathya Sai School, Thailand
  • Trainer Resmi Kementerian Pendidikan Thailand bidang Pendidikan Nilai-Nilai Kemanusiaan untuk Para Guru

Pengalaman:

  • 3 kali terpilih sebagai Anggota Parlemen Thailand
  • Anggota Senat Thailand
  • Dosen Senior di Chulalongkorn University
  • Dosen Tamu di berbagai universitas di Thailand
  • Sekretaris Menteri Luar Negeri Thailand
  • Penasihat Menteri Sains dan Teknologi Thailand
  • Penasihat Badan Pengembangan Kurikulum untuk Kementerian Pendidikan Thailand

Prof. Luh Ketut Suryani, MD, Ph.D

Guru Besar Psikiatri FK Universitas Udayana

Prof. Luh Ketut Suryani, MD, Ph.D adalah Guru Besar Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana – Bali, yang memiliki kepedulian besar pada kesehatan mental masyarakat, utamanya masyarakat Bali.

Pada 2007 silam, beliau mendirikan Suryani Institute for Mental Health, yang memberikan kuliah tindakan preventif kesehatan mental dan melahirkan sukarelawan di tengah masyarakat bawah.

Prof. Suryani mengunakan pendekatan mind, body, spirit-sosio cultural process dalam penanganan gangguan kesehatan mental, yaitu penanganannya tak hanya dari sisi medis, namun juga melibatkan keluarga, masyarakat, dan lingkungan.

Dalam penanganan berbasis mind, body, spirit-sosio cultural process, meditasi adalah bagian yang tak terpisahkan. Menurut beliau, meditasi akan melindungi badan dan pikiran dari hal-hal yang dianggap mencelakai, sehingga seseorang tetap bisa tenang ketika mereka mengetahui bahwa dirinya tak akan mengalami hal-hal yang tak bisa ia tangani.

“Meditasi ini tidak sama dengan magis atau hal-hal berbau mistis. Ini bisa digunakan dalam keseharian kita,” ujarnya.

Dr. Andrea Acri

Ahli Bahasa Sanskrit dan Jawa Kuno

 

Dr. Andrea Acri mendapatkan gelar Ph.D dari Leiden University pada tahun 2011. Beliau aktif sebagai ahli Bahasa Sanskrit, Jawa Kuno, dan sejarah agama—terutama Hindu, Buddha, dan Tantra—di India dan Asia Tenggara. Saat ini, beliau aktif sebagai dosen bidang pengkajian tantra di l’École Pratique des Hautes Études di Paris dengan ketertarikan yang besar pada tradisi-tradisi tantra Shiva dan Buddhis, Hindu dan filsafat India, tradisi-tradisi yoga, fisiologi Sanskerta dan Jawa Kuno, serta sejarah agama dan studi perbandingan antara Asia Selatan dan Asia Tenggara sejak periode pra modern hingga modern.

Beliau juga pernah menjadi dosen dan peneliti di Nalanda University (India), ISEAS dan NUS (Singapur), serta ANU (Australia).

Karya akademik:

  • Penulis buku “Dharma Pātañjala: Kitab Shaiva dari Jawa Kuno”
  • Editor “Esoteric Buddhism in Mediaeval Maritime Asia”
  • Co-editor “From Laṅkā Eastwards: The Rāmāyaṇa in the Literature and Visual Arts of Indonesia”
  • Editor untuk isu-isu spesial untuk beberapa jurnal seperti Journal of Hindu Studies, International Journal of Hindu Studies, Indonesia and the Malay World.

 

dr. Danny Wiradharma, S.H., M.S.

Dosen, Penulis, dan Ahli Imunologi

Selain menjadi dosen dan berpraktik sebagai dokter umum, beliau juga merupakan penulis berbagai buku kedokteran utamanya tentang hukum dan imunologi.

  • Dosen Bagian Patologi Klinik FK Usakti, 1980 – sekarang
  • Dosen Etika dan Hukum Kedokteran FK Usakti, 1995 – sekarang
  • Dosen Hukum Kedokteran FH Usakti, 1995 – 2005
  • Dosen Etika dan Hukum Kedokteran FKG Usakti, 1996 – sekarang

Karya Tulis

  • Penuntun Kuliah Hukum Kedokteran (edisi 2), Sagung Seto, ISBN 978-602-8674-35-5, tahun 2010
  • Alternatif Penyelesaian Sengketa Medik, Sagung Seto, ISBN 978-602-8674-53-9, tahun 2011
  • Konsep Dasar Vaksinasi, Sagung Seto, ISBN 978-602-8674-62-1, tahun 2011
  • Aspek Imunologik HIV-AIDS, Penerbit Universitas Trisakti, ISBN 978-602-9463-22-4, tahun 2012
  • SLE, Penyakit Autoimun Yang Perlu Diketahui Dokter Praktik Umum, Sagung Seto,ISBN 978-602-271-027-1, tahun 2013
  • Konsep Dasar Imunologi, Sagung Seto, ISBN 978-602-271-064-6, tahun 2015 (edisi 1) dan tahun 2017 (edisi 2)

Engkus Ruswana

Tokoh Penghayat Kepercayaan, Budayawan

Beliau merupakan budayawan dan salah satu pendiri Majelis Luhur Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (MLKI) untuk mengakomodasi penghayat kepercayaan.

Selain itu, beliau juga dikenal sebagai ahli tata kota. Banyak kota di Indonesia yang telah beliau desain. Meliputi kota-kota di Jawa, Sumatera, Maluku, hingga Papua. Ini tak lepas dari perjalanan studinya di Institut Teknologi Bandung, yang mengambil jurusan Urban and Regional Planning. Berkat pengalaman tersebut, beliau juga dipercaya mendesain Kepulauan Seribu menjadi kawasan wisata unggulan.