• Gangguan Kesehatan Mental: Darurat yang Semakin Gawat saat Pandemi COVID-19
  • 3 Cara Efektif untuk Menjaga Kesehatan Mental adalah dengan Meditasi, Ayurveda, dan Yoga
  • Meditasi terbukti dapat mengurangi stress, menurunkan kecemasan & depresi
  • Ayurveda melalui pola makan dan lifestyle dapat menunjang kesehatan mental yang lebih baik
  • Yoga membantu meningkatkan kesehatan mental, bahkan pada kalangan lansia
  • Rekomendasi Channel YouTube untuk Meditasi
  • Video Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mental

 

Gangguan Kesehatan Mental: Darurat yang Semakin Gawat saat Pandemi COVID-19

Merawat Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Ala Stoikisme | Balairungpress

Saat COVID-19 melanda dan kasus positif pertama di Indonesia diberitakan ke masyarakat umum, timbul berbagai reaksi dari masyarakat. Hal tersebut mempengaruhi kondisi psikologis serta sosiologis masyarakat karena fenomena wabah penyakit yang menyebar dan terjadi secara luas di masyarakat dapat membuat masyarakat mengalami ketakutan dan kecemasan. Dampak dari kecemasan dan ketakutan ini adalah stress dan depresi yang berakhir dengan timbulnya gangguan kesehatan mental.

Dalam laporan Penelitian yang berjudul Pengaruh Penyakit Kronis Terhadap Kesehatan Mental Emosional (Analisis Data Riskerdas 2018) menunjukkan beberapa kondisi gangguan kesehatan mental yang dialami kelompok subjek diantaranya: sering menderita sakit kepala (64,4%), sulit tidur (50,8%), tidak nafsu makan (35,4%), merasa cemas atau kuatir (35,5%), sulit menikmati kegiatan sehari (20,7%), merasakan mudah takut (23,3%), serta sering menangis (19,5%), bahkan diketahui ingin mengakhiri kehidupan (3,3%). 

Berdasarkan informasi dari Katadata, sebanyak 64,8% masyarakat Indonesia mengalami masalah kesehatan mental seperti cemas, depresi, dan trauma selama masa pandemi ini. Bahkan, 1 dari 5 orang pada usia 18-29 tahun memiliki pemikiran “lebih baik mati”. Hal ini sangat membahayakan, khususnya bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus melakukan isolasi mandiri.

Bagaimana menjaga kesehatan mental kita supaya tidak terganggu?
Kesehatan mental dapat kita jaga dengan melakukan perawatan diri sendiri melalui:
1. Meditasi
2. Ayurveda
3. Yoga

 

Cara #1 Menjaga Kesehatan Mental: Meditasi

Salah satu tulisan berjudul Meditation: Process and Effects oleh Hari Sharma (2015) dalam jurnal internasional menyebutkan beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah yaitu:

  • mengurangi stress
  • menurunkan kecemasan & depresi
  • mengatasi rasa sakit (baik fisik maupun psikologis)
  • meningkatkan memori

Dalam penelitian berjudul “The Effect of Meditation on Physical and Mental Health in Junior College Students” yang dimuat dalam Nursing Research (Yang, Ke-Ping, dkk, 2009) pada 242 mahasiswa baru sebuah perguruan tinggi di Taiwan menyebutkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kondisi fisik dan mental antara kelompok yang menjalankan teknik meditasi dengan yang tidak. Meditasi disebutkan menciptakan keadaan harmoni antara tubuh dan pikiran sehingga membantu menciptakan kesehatan secara holistik.

 

Cara #2 Menjaga Kesehatan Mental: Ayurveda

Ayurveda merupakan salah satu sistem pengobatan tertua di dunia warisan dari Peradaban Sunda Sindhu Saraswati yang membentang dari Afghanistan hingga Australia dimana Nusantara adalah bagian di dalamnya.

Dalam Central Council for Research in Ayurvedic Sciences (CCRAS)- Ministry of AYUSH, Government of India, disebutkan bahwa melakukan aktivitas berbasis Ayurveda seperti menjalankan pedoman diet dasar, salah satunya mengkonsumsi makanan yang sesuai serta menjalankan lifestyle pola hidup sehat dapat menunjang kesehatan mental yang lebih baik. Kajian Ilmiah Role of Ayurveda in Mental Health : An appraisal of CCRAS Research contribution (2009) menjelaskan pengobatan dalam Ayurveda klasik meliputi:

  • Daiva Vyapashraya: Terapi spiritual yang meliputi penggunaan mantra, japa, aktivitas religius lainnya, dan pemakaian batu mulia dll.
  • Satvavajaya: Terapi psiko-perilaku yang menggabungkan prinsip assurance therapy (ashvasana), replacement of emotions dan psycho-shock therapy.
  • Yukti vyapashraya chikitsa: Terapi biologis termasuk samshodhan (cleansing therapy / panchkarma), dan shaman therapy (pacification) dimana pasien menjalani biocleansing untuk membersihkan saluran tubuh diikuti dengan treatment dengan bantuan obat-obatan herbal, pengaturan diet / pola makan yang sehat dan gaya hidup (life style) yang baik.

Salah satu herbal racikan utama dalam Ayurveda yang memiliki manfaat mengurangi stress adalah Triphala. Baca informasi selengkapnya dalam artikel Triphala: Herbal Sejuta Manfaat

 

Cara #3 Menjaga Kesehatan Mental: Yoga

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Kawasaki University of Medical Welfare di Jepang menunjukkan kelompok remaja dan orang tua yang melakukan yoga selama 90 menit sekali atau dua kali seminggu selama sebulan menunjukkan terjadinya penurunan tingkat kecemasan. Disebutkan juga bahwa yoga memiliki efek langsung dan jangka panjang pada pengurangan kecemasan. Jadi yoga membantu meningkatkan kesehatan mental di kedua kelompok tersebut.

Jadi, tunggu apalagi? Mari kita berdayakan diri kita untuk menjaga kesehatan mental melalui meditasi, Ayurveda, dan Yoga

 

Rekomendasi Channel YouTube untuk Meditasi

AMAYI merekomendasikan channel YouTube Anand Ashram Indonesia yang memberikan sesi meditasi secara online setiap hari Selasa pukul 19.00 WIB dan juga tersedia beberapa video panduan meditasi.

Anand Ashram Ubud (@AnandAshramUbud) | Twitter

 

VIDEO: Tips Mengatasi Lelah Mental

Bagaimana mengatasi lelah mental dapat disaksikan juga di IGTV yang dibawakan oleh Ma Archana, ketua dari AMAYI

Referensi:

COVID-19: How to manage your mental health during the crisis [Internet]. Mayo Clinic. 2020 [cited 21 December 2020].
Laporan Penelitian Pengaruh Penyakit Kronis Terhadap Kesehatan Mental Emosional (Analisis Data Riskerdas 2018) – UHAMKA
Meditation: Process and effects
Journal of Nursing Research : The Effect of Meditation on Physical and Mental Health in Junior College Students
Role of Ayurveda In Mental Health An Appraisal of CCRAS Research Contributions
Ayurveda Based Dietary And Lifestyle Advocacy For Mental Health & Psychiatric Disorders
Effect of integrated Yoga and Ayurveda Rasayana on cognitive functions in elderly with mild cognitive impairment
Effect of yoga on mental health: Comparative study between young and senior subjects in Japan
Prioritaskan Kesehatan Mental Saat Isolasi Mandiri