Pada artikel sebelumnya dibahas mengenai pola makan vegetarian dari sudut pandang biologi. Sebagaimana disarankan oleh Meditasi, Ayurveda, dan Yoga, vegetarian juga terbukti sehat bagi manusia dari sudut pandang keilmuan biologi modern. Pada artikel kali ini, kita akan melihat pola makan vegetarian dari sudut pandang kesehatan planet bumi karena terkait dengan salah satu isu paling mengkuatirkan saat ini, yaitu: pemanasan global.


Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global adalah kondisi di mana suhu bumi meningkat. Secara sederhana, pemanasan global dapat dijelaskan lewat 2 penyebab:
1. Terkikisnya lapisan Ozon di atmosfer akibat zat-zat seperti CFC, dll.
Ini menyebabkan sinar matahari masuk dalam jumlah yang lebih banyak sehingga otomatis lebih banyak panas yang diterima oleh bumi.

2. Gas Rumah Kaca (Greenhouse Gases)
Seperti CH4 dan CO2 yang cenderung memerangkap panas sehingga panas dari matahari makin lama terperangkap di atmosfer bumi.

Peningkatan suhu bumi ini mengakibatkan banyak hal seperti: pencairan es di kutub utara sehingga permukaan air laut menjadi lebih tinggi; meningkatkan potensi kebakaran hutan; meningkatkan potensi gagal panen; kepunahan hewan/tumbuhan dan masih banyak lagi. Bukti nyata dari pemanasan global dapat dilihat di Gunung Jayawijaya, Papua. Berdasarkan penelitian oleh National Geographic volume es di puncak gunung Jayawijaya sudah mencair sampai 84,9% sejak tahun 1988.


Peternakan: Penghasil Gas Rumah Kaca

Salah satu faktor yang mempercepat pemanasan global adalah emisi gas yang dikeluarkan oleh peternakan. Emisi gas yang dikeluarkan oleh peternakan adalah setara yang mencapai 7.1 gigaton CO2 per tahun. Dalam salah satu presentasinya, FAO menyarankan untuk mengurangi pola konsumsi daging sehingga bisa mengurangi emisi gas.

 


Vegetarian: Kesehatan Manusia & Kesehatan Planet Bumi

Pola hidup vegetarian sudah banyak digalakan di banyak belahan dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya rumah makan vegetarian. Pola hidup vegetarian adalah salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk merawat bumi ini. Jadi mari kita mulai merubah pola makan dan menyanyangi sesama mahluk hidup. Semoga kita semua dapat merawat alam yang telah dianugerahkan kepada kita dan semoga semua mahluk hidup berbahagia.

 

 

Sumber:
https://www.anandashram.or.id/vegetarian
http://www.fao.org/3/a-i6345e.pdf
https://www.wwf.org.au/what-we-do/climate/impacts-of-global-warming#gs.gkbutx
https://nationalgeographic.grid.id/read/131903458/pemanasan-global-bagaimana-dampak-mencairnya-es-pada-laut-indonesia?page=all
http://www.loveusnoteatus.com/